Science and Technology (SciTech)
The 2nd Seminar Nasional dan Prosiding Scitech 2023

PENENTUAN SCORE AKHIR PADA GAME EKOSISTEM DAN MAHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY SUGENO




Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Ilmu  Pengetahuan  Alam merupakan salah satu mata pelajaran yang masuk dalam kurikulum Sekolah Dasar, pada muatan Kurikulum 2013 IPA tergolong mata pelajaran umum kelompok A yang merupakan mata pelajaran yang penting dalam mengembangkan kompetensi peserta didik dalam aspek kognitif afektif dan psikomotor. SDN 1 Wedelan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara keaktifan belajar siswa saat pandemi covid-19 berkurang, hal ini terjadi mengingat jam pelajaran yang seharusnya 36 jam perminggu berkurang menjadi setengahnya yakni 18 jam perminggu untuk kelas 5 dan 6. Hal ini berdampak pada  pelajaran IPA yang membutuhkan pembimbing bagi siswa dalam belajar mengalami kesultan dalam memahami materi yang diberikan. Pemanfaatan teknologi game edukasi Ekosistem Dan Mahluk Hidup dapat digunakan untuk pembelajaran diluar jam sekolah karena dapat digunakan dimanapun, kapanpun dan dapat menyampaikan informasi, materi, dan gambar dengan lebih interaktif. Penelitian menggunakan metode Rapid Application Development yang merupakan model proses pengembangan perangkat lunak dengan waktu yang cepat. Metode ini menekankan pada proses pembuatan aplikasi berdasarkan pembuatan prototype, iterasi, dan feedback yang berulang-ulang. Penelitian ini berfokus pada pembuatan game dan penerapan algoritma fuzzy sugeno pada game Ekosistem dan Mahluk Hidup dengan hasil yang dicapai adalah penentuan score akhir game menggunakan algoritma fuzzy sugeno, dan tingkat kelayakan aplikasi yang telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan angket responden.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

scitech

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Terdiri dari 8 keilmuan program studi yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Budidaya Perairan. Melalui transformasi digital harapannya; akademisi dapat menangkap peluang usaha sebagai sumber penghasilan ...