Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 3 (2023)

Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kode QR Dengan Insersi Budaya Lokal

Lestari Christine Hura (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang)
Ahmad Samawi (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang)
Wuri Astuti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Era digitalisasi saat ini sangat mempengaruhi aspek sosial emosional anak, hal ini di akibatkan karena berkurangnya kesempatan belajar anak dengan lingkungan. Artikel ini bertujuan menghasilkan sumber belajar berupa buku cerita bergambar yang memanfaatkan budaya lokal untuk menstimulasi sosial emosional anak usia 5-6 tahun  berbasis kode QR. Penelitian ini menggunakan metode  Research and Development dengan modifikasi model ADDIE. Penilaian produk melibatkan  ahli dan pengguna (Guru Anak). Pengumpulan data validasi produk oleh ahli dan pengguna (Guru) menggunakan angket, sedangkan pengumpulan data pada uji coba produk yang dilaksanakan kepada 18 anak di KB TK Lab UM pada tanggal 19 hingga 20 April 2022 menggunakan lembar observasi. Hasil uji validasi dan uji coba produk kemudian di analisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif yang dikembangkan oleh Akbar. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mampu merangsang kegiatan belajar anak dalam menstimulasi sosial emosional melalui inovasi sumber belajar yang menarik, efektif dan efisien.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...