Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kesulitan belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif dan untuk mengetahui persen pengaruh dampak kesulitan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini secara metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif digunakan dengan tujuan mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat dampak negatif dan positif pada kesulitan belajar terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase respon angket siswa. Nilai sig yang diperoleh sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kesulitan belajar terhadap hasil belajar kimia. Pengaruh yang diberikan sebesar 0,48 yang didapatkan dari nilai R Square yaitu 48% dengan tingkat hubungan sebesar 69% yang menyatakan bahwa kesulitan belajar dan hasil belajar kognitif kimia saling berhubungan.
Copyrights © 2023