Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 6, No 1 (2023): Arfak Chem

DAMPAK KESULITAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 1 WARMARE

June Christin Manurung (SMA Negeri 1 Warmare)
Yenrika Kristianti (SMA Negeri 1 Warmare)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kesulitan belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif dan untuk mengetahui persen pengaruh dampak kesulitan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini secara metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif digunakan dengan tujuan mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat dampak negatif dan positif pada kesulitan belajar terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase respon angket siswa. Nilai sig yang diperoleh sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kesulitan belajar terhadap hasil belajar kimia. Pengaruh yang diberikan sebesar 0,48 yang didapatkan dari nilai R Square yaitu 48% dengan tingkat hubungan sebesar 69% yang menyatakan bahwa kesulitan belajar dan hasil belajar kognitif kimia saling berhubungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...