Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi bentuk molekul di SMA KRISTEN YABT Manokwari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif dengan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 19 (sembilan belas) orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pengisian angket keterampilan berpikir kritis dengan jumlah soal sebanyak 50 soal. Hal ini bertujuan untuk menentukan keterampilan berpikir kritis dan tes pilihan ganda dengan jumlah 50 soal pertanyaan untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini diuji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Penelitian ini dihasilkan adanya korelasi positif antara berpikir kritis dengan hasil belajar siswa dengan tingkat signifikansi 0,215 > 0,05 dan juga ditemukan nilai f hitung sebesar 0,331 dan signifikansi 0,885 > 0,05. Kesimpulan diperoleh bahwa berpikir kritis dalam mempelajari kimia dengan materi bentuk molekul terdapat berpengaruh hasil belajar sebesar 89%.
Copyrights © 2023