Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 6, No 1 (2023): Arfak Chem

HUBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK MOLEKUL KELAS X DI SMA KRISTEN YABT MANOKWARI

Tri Lestari Rachel Raturoma (SMA Kristen YABT Manokwari)
Lhony Laisnima (SMA Kristen YABT Manokwari)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi bentuk molekul di SMA KRISTEN YABT Manokwari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif dengan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 19 (sembilan belas) orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pengisian angket keterampilan berpikir kritis dengan jumlah soal sebanyak 50 soal. Hal ini bertujuan untuk menentukan keterampilan berpikir kritis dan tes pilihan ganda dengan jumlah 50 soal pertanyaan untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini diuji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Penelitian ini dihasilkan adanya korelasi positif antara berpikir kritis dengan hasil belajar siswa dengan tingkat signifikansi 0,215 > 0,05 dan juga ditemukan nilai f hitung sebesar 0,331 dan signifikansi 0,885 > 0,05. Kesimpulan diperoleh bahwa berpikir kritis dalam mempelajari kimia dengan materi bentuk molekul terdapat berpengaruh hasil belajar sebesar 89%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...