El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 5 No 2 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI MAN 6 PASAMAN BARAT

Mulyati, Sri (Unknown)
Thamrin, M. Isnando (Unknown)
Adlan, Zaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menerapkan model pembelajaran koperatif dengan metode two stay two stray untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah model pembelajaran koopertaif cocok diterapkan serta dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran fiqih. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara, dan subyek dalam penelitian ini adalah siswa MAN 6 Pasaman Barat kelas XI MIPA. Berdasarkan pengamatan peneliti pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, peneliti melihat minat belajar siswa lebih tinggi, karena di sini siswanya lebih aktif, bersemangat dan antusias dalam belajar. Hal ini terbukti ketika presentasi di depan, semuanya dapat menjelaskan materi dengan baik, meskipun masih ada dua orang siswa lagi yang tidak ikut presentasi. Berdasarkan pengamatan tersebut, dapat peneliti simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif cocok diterapkan pada pelajaran fiqih dan juga pelajaran lainnya, karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ElBanar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan ...