Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan bahwa menulis karya tulis  ilmiah,  kemudian  dipublikasikan ke  jurnal ilmiah adalah kendala utama guru, sebagai syarat untuk naik pangkat  ke Pembina IV.a dan pangkat sesudahnya. Faktanya  sampai saat ini banyak  guru hingga pensiun, pangkatnya bertahan  di Pembina IV.a. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengeloborasi  kendala-kendala yang dialami guru  pada saat menulis karya tulis ilmiah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara, FGD dan observasi. Responden adalah guru PAI yang mengajar di SMA Negeri dalam wilayah Kabupaten Rejang Lebong. Temuan penelitian adalah menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi guru menulis karya ilmiah adalah  1) Kurangnya Informasi dan Sosialisasi; 2) Biaya yang tinggi dan waktu yang lama; 3) Kurangnya Informasi dan Sosialisasi; 4). Rendahnya Motivasi  Guru Menulis; 5) Biaya yang tinggi dan waktu yang lama; 6) Tidak terampil menggunakan media; 7) Kurang Referensi dan Pendampingan; 8) Sudah puas dengan kondisi yang sudah ada; 9) Mitos, guru cukup pangkat IV.a. Kesimpulan penelitian faktor penyebabnya rendah motivasi guru menulis karya ilmiah disebabkan faktor dalam diri guru (internal) dan faktor diluar diri guru (eksternal). Diperlukan stimulus dan pendampingan dan motivasi dari pihak eksternal agar motivasi guru untuk menulis semakin membaik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023