Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas (origami) pada kelompok B1 di TK Labschool Unesa 1 Surabaya. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari anak yang diteliti sebanyak-banyaknya 11 anak pada kelompok TK B1 di setiap siklusnya. Pada siklus I hasil yang didapatkan masih belum muncul kemampuan motorik halus yang diharapkan, pada siklus II anak mengalami peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat dengan penyajian 45% , pada siklus III peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan penyajian 81 % keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan melipat kertas origami pada anak usia dini dapat diterapkan didalam kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.Â
Copyrights © 2023