Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Validasi E-Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik

Baiq Fitri Rahmayanti (Unknown)
Muntari (Unknown)
Yayuk Andayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Tantangan revolusi industri 4.0 harus memiliki keterampilan abad 21 yaitu empat keterampilan yang dikenal dengan 4C. Pengembangan keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis dan pemecahan masalah membutuhkan kemampuan literasi. Literasi sains peserta didik dapat disebabkan oleh, model pembelajaran yang digunakan guru, sarana dan prasarana pembelajaran, serta rendahnya motivasi belajar peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan bahan ajar berbasis elektronik, yaitu e-modul berbasis socio-scientific issue dengan pendekatan pembelajaran yang mengangkat topik sains yang bersifat kontroversial, dilematis dan tidak terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-modul IPA berbasis SSI untuk meningkatkan motivasi belajar dan literasi sains yang layak untuk digunakan ditinjau dari kevalidan. Jenis penelitian ini ialah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Validasi e-modul melibatkan tiga validator ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil validasi RPP memperoleh skor rata-rata 82 dengan kategori sangat valid, validasi e-modul berbasis SSI memperoleh skor rata-rata 80 dengan kategori sangat valid, validasi angket motivasi belajar memperoleh skor rata-rata 95 dengan kategori sangat valid, dan validasi tes literasi sains memperoleh skor rata-rata 79 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi tersebut e-modul berbasis SSI sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...