Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 5, No 2 (2023)

VALIDITAS ASESMEN FORMATIF BERBASIS WIZER ME PADA TEMA REVOLUSI PANGAN DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP

Eiftien Yuliar Rasyidin (Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sjaifuddin Sjaifuddin (Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Liska Berlian (Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik menjadi permasalahan dalam pembelajaran IPA tingkat SMP sehingga diperlukan pengembangan asesmen formatif berbasis Wizer Me tema revolusi pangan untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik kelas IX. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas asesemen formatif berbasis Wizer Me tema revolusi pangan untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik IX. Penelitian ini dilakukan pada semester genap TA 2022/2023 di 3 SMP Negeri Kota Jakarta Barat. Metode penelitian research and development dengan model pengembangan 4D yang pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Hasil uji empiris asesmen formatif berbasis Wizer Me dalam mengukur kemampuan literasi sains peserta didik kelas IX dinyatakan sangat valid dilihat dari rata-rata nilai persentase sebesar 87,58% berdasarkan validasi ahli meliputi ahli materi 87,60%, ahli media 93,62% dan guru IPA 81,52%. Berdasarkan validasi 30 siswa yang diukur mendapatkan hasil 17 soal valid dengan tingkat kesukuran 16 soal tergolong sukar dan 1 soal tergolong sedang serta reliabilitas soal sebesar 0,89 yang menunjukkan interpretasi reliabilitas tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...