Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik menjadi permasalahan dalam pembelajaran IPA tingkat SMP sehingga diperlukan pengembangan asesmen formatif berbasis Wizer Me tema revolusi pangan untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik kelas IX. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas asesemen formatif berbasis Wizer Me tema revolusi pangan untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik IX. Penelitian ini dilakukan pada semester genap TA 2022/2023 di 3 SMP Negeri Kota Jakarta Barat. Metode penelitian research and development dengan model pengembangan 4D yang pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Hasil uji empiris asesmen formatif berbasis Wizer Me dalam mengukur kemampuan literasi sains peserta didik kelas IX dinyatakan sangat valid dilihat dari rata-rata nilai persentase sebesar 87,58% berdasarkan validasi ahli meliputi ahli materi 87,60%, ahli media 93,62% dan guru IPA 81,52%. Berdasarkan validasi 30 siswa yang diukur mendapatkan hasil 17 soal valid dengan tingkat kesukuran 16 soal tergolong sukar dan 1 soal tergolong sedang serta reliabilitas soal sebesar 0,89 yang menunjukkan interpretasi reliabilitas tinggi.
Copyrights © 2023