Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol. 9 No. 2 (2023)

PENINGKATAN KINERJA UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING

Meilinda Dwi Anugrah (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Kurnia Widya Oktarini (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Anggeraini Oktarida (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Firmansyah Firmansyah (Politeknik Negeri Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan digital marketing untuk meningkatkan kinerja UMKM. Pada penelitian ini dilakukan proses evaluasi terhadap efektivitas pemasaran digital, fitur Instagram sebagai media promosi penjualan, hingga volume penjualan Camilam Mumus. Dalam penelitian ini terdapat 51 responden sebagai sampel untuk mengukur masing-masing variabel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai t-test sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,05 dan juga nilai R2 sebesar 0,772. Hasil tersebut diperoleh dari hasil pengukuran dengan menggunakan tiga indikator penilaian untuk masing-masing variabel. Berdasarkan kedua variabel tersebut, efektivitas fitur Instagram dapat dikategorikan sebagai faktor promosi yang efektif dan berpengaruh positif terhadap volume penjualan Camilan Mumus.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Jurnal Daya Saing (Online ISSN: 2541-4356 | Print ISSN : 2407-800X) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in February, June and October. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...