Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul, elektronik modul merupakan media elektronik yang bisa dibuat lebih menarik, kreatif, dan interaktif.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Jenis data yang diambil data Kuantitatif dan Kualitatif. Pengembangan intrumen yang dipakai berupa instrumen validitas, praktikalitas dan efektivitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis data validitas, praktikalitas dan efektivitas. Adapun hasil validasi media memperoleh persentase 96,87% pada kategori sangat valid. Hasil validasi bahasa memperoleh persentase 87,5% pada kaegori sangat valid. Sedangkan untuk praktikalitas memperoleh persentase 94,79% pada kategori sangat praktis. Hasil analisis angket praktikalitas respon peserta didik memproleh rata-rata 84,85% pada kaegori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa hasil analisis dari angket praktikalitas respon pendidik dan peserta didik memperoleh rata-rata 89,82% pada kategori sangat praktis yang berarti E-Modul mudah digunakan oleh peserta didik dan waktunya efisien. Efektifitas E-Modul pembelajaran Bahasa Indonesia materi Asal-Usul yang di dapat dari tes akhir peserta didik memperoleh 90% pada kategori sangat efektif yang berarti E-Modul dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Copyrights © 2023