Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober 2023

Analisis Self-Confidence Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika

Risca Valerina (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Agung Prasetyo Abadi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-confidence siswa SMP pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode simple random sampling didapat sampel 42 siswa salah satu SMP di Karawang. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini menggunakan instrumen non tes yaitu kuesioner/angket self-confidence yang terdiri dari 16 pernyataan dan terdiri dari 4 indikator. Data kemudian dihitung dengan menggunakan rumus persentase jawaban dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran persentase jawaban. persentase yang diperoleh adalah sebesar 64,88% untuk indikator percaya pada kemampuan diri sendiri, 70,83% untuk indikator bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, 62,35% untuk indikator memiliki konsep diri positif dan 73,57% dengan indikator berani mengemukakan pendapat. sedangkan persentase rata-ratanya adalah 67,91%. berdasarkan hasil persentase rata-rata keseluruhan jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa kurangnya rasa percaya diri siswa SMP dalam pembelajaran matematika, karena sebagian besar siswa tidak memenuhi indikator self-confidence.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...