Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-confidence siswa SMP pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode simple random sampling didapat sampel 42 siswa salah satu SMP di Karawang. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini menggunakan instrumen non tes yaitu kuesioner/angket self-confidence yang terdiri dari 16 pernyataan dan terdiri dari 4 indikator. Data kemudian dihitung dengan menggunakan rumus persentase jawaban dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran persentase jawaban. persentase yang diperoleh adalah sebesar 64,88% untuk indikator percaya pada kemampuan diri sendiri, 70,83% untuk indikator bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, 62,35% untuk indikator memiliki konsep diri positif dan 73,57% dengan indikator berani mengemukakan pendapat. sedangkan persentase rata-ratanya adalah 67,91%. berdasarkan hasil persentase rata-rata keseluruhan jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa kurangnya rasa percaya diri siswa SMP dalam pembelajaran matematika, karena sebagian besar siswa tidak memenuhi indikator self-confidence.
Copyrights © 2023