JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 7, No 2 (2023): MEI (JIKAP PGSD)

Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Reka Permata (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Yanti Yandri Kusuma (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
M. Syahrul Rizal (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN 001 Simalinyang, diketahui bahwa kemampuan berbicara masih rendah Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analis data dapat diketahui bahwa Keterampilan siswa dalam berbicara siswa sebelum tindakan diperoleh sebesar 35% dengan kategori sangat kurang, meningkat pada siklus I pertemuan I sebesar 50% dengan kategori sangat kurang dan di pertemuan II 65% dengan kategori kurang. Pada siklus II pertemuan I sebesar 75% dengan kategori cukup dan di pertemuan II menjadi 85% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model student fasilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN 001 Simalinyang 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...