Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN 001 Simalinyang, diketahui bahwa kemampuan berbicara masih rendah Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analis data dapat diketahui bahwa Keterampilan siswa dalam berbicara siswa sebelum tindakan diperoleh sebesar 35% dengan kategori sangat kurang, meningkat pada siklus I pertemuan I sebesar 50% dengan kategori sangat kurang dan di pertemuan II 65% dengan kategori kurang. Pada siklus II pertemuan I sebesar 75% dengan kategori cukup dan di pertemuan II menjadi 85% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model student fasilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN 001 Simalinyang 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023