AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA
Vol 3, No 2 (2013)

Pengaruh Partai Golkar Terhadap Dinamika Kehidupan Politik di Kabupaten Madiun Tahun 1999-2009

Ishaqro, Alfi Hafidh (Unknown)
Nurcahyo, Abraham (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partai golkar terhadap dinamika kehidupan politik di Kabupaten Madiun tahun 1999-2009. Lokasi Penelitian di DPD Golkar Kabupaten Madiun yang bertempat di jalan Raya Solo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Penelitian ini berbentuk diskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan selama tiga bulan. Sumber data dari penelitian ini adalah dari informan, arsip dan dokumen. validasi yang digunakan untuk menguji kebenaran data dengan menggunakan trianggulasi sumber penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan analisis model interaktif yang menggunakan tiga teknik yakni reduksi data, sajian data dan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: Partai Golkar pada tahun 1999-2011 mengalami perkembangan politik yang dinamis di Kabupaten Madiun. Partai Golkar hingga saat ini masih bertahan, tidak hanya diperhitungkan tetapi menjadi partai Politik yang disegani oleh kawan ataupun lawan. Partai Golkar yang semula menjadi sasaran hujatan dan intimidasi kini menjadi partai yang cukup dinamis dan disegani oleh banyak pihak. Dalam waktu sepuluh tahun Partai Golkar mampu membangun pengaruh di masyarakat Madiun, menjadi partai yang memiliki pengaruh dalam dinamika kehidupan Politik Kabupaten Madiun dari awal reformasi hingga tahun 2009. Kata Kunci : Partai Golkar, Dinamika Politik, Kabupaten Madiun

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya is a biannual journal, published by Universitas PGRI Madiun on January and July, with regitered number ISSN 2087-8907 (printed), ISSN 2502-2857 (online). Agastya provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, to deliver and share ...