Penelitian tentang manajemen inovasi ini dilaksanakan di Kampung Wisata Jodipan Malang yang awal berdirinya menjadi pusat perhatian masyarakat baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kampung Wisata Jodipan menjadi salah satu wisata pemberdayaan masyarakat yang merubah kampung kumuh menjadi kampung yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Namun, dewasa ini menjadi salah satu destinasi pariwisata yang mengalami penurunan jumlah pengunjung. fasilitas wisata yang sudah mulai kusam dan rusak, kurangnya perhatian pemerintah dan warga untuk mengelola. Sehingga, kondisi yang dialami kini berdampak pada perekonomian masyarakat. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah dengan adanya kondisi sekarang ini perlu untuk dilakukan kajian manajemen inovasi yang menjadikan Kampung Wisata Jodipan lebih maju dari sebelumnya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Temuan hasil penelitian menjelaskan bahwa belum adanya strategi khusus dalam meningkatkan jumlah pengunjung wisata. Maka, melalui analisis ilmu manajemen inovasi dapat dicari alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan 4 fungsi tahapan manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Implikasi dari hasil penelitian jika dapat berjalan dengan baik maka dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
Copyrights © 2023