JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 2, No 2 (2014)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN GANDA SISWA

Nurani, Nurani (Unknown)
Budiyono, Budiyono (Unknown)
Sutanto, Sutanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki : ( 1 ) yang model J - MAM , J - NHT , dan hasil pembelajaran konvensional pada prestasi belajar yang lebih baik di Matematika pembelajaran , (2 ) multiple intelligence dari Logical - Mathematical yang , Visual - Spasial , dan interpersonal hasil jenis dalam prestasi belajar yang lebih baik di Matematika , (3 ) di setiap multiple intelligence , yang model J - MAM , J - NHT , dan hasil pembelajaran konvensional pada prestasi belajar yang lebih baik di Matematika belajar ; dan ( 4 ) di masing-masing model pembelajaran , yang multiple intelligence dari Logical - Mathematical , Visual - Spasial , dan interpersonal hasil jenis dalam prestasi belajar yang lebih baik di Matematika . Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain faktorial 3 x 3 . Populasinya adalah semua siswa di kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Sragen . Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling . Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis dua arah tidak seimbang varians pada tingkat signifikansi 5 % . Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1 ) The J - MAM dan model pembelajaran J- NHT menghasilkan prestasi belajar yang sama di Matematika , tapi baik mengakibatkan prestasi belajar yang lebih baik di Matematika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional , 2 ) Ada tidak ada perbedaan dalam prestasi belajar Matematika siswa dengan Logical - Mathematical , Visual - Spasial , dan jenis Interpersonal , 3 ) dalam setiap jenis multiple intelligence , J- MAM dan model pembelajaran J- NHT menghasilkan barang yang sama prestasi dalam Matematika , namun kedua hasil dalam prestasi belajar yang lebih baik di Matematika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pembelajaran , 4 ) dalam setiap model pembelajaran , para siswa dengan Logical - Mathematical , Visual - Spasial , dan jenis interpersonal memiliki prestasi belajar yang sama di Matematika.Kata kunci : Model pembelajaran Jigsaw, model pembelajaran konvensional, multiple intelligence, prestasi belajar Matematika.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Education

Description

JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is a semiannual journal, published on March and September. JIPM published by Universitas PGRI Madiun. JIPM provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share knowledge in the form of empirical and ...