Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara pemberian reinforcement (penguatan) oleh guru terhadap motivasi belajar siswa serta ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara pemberian reinforcement (penguatan) oleh guru terhadap hasil belajar siswa . Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Desain pada penelitian ini adalah pre-experimental design (non design) bentuk one-shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar sebanyak 25 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel reinforcement (penguatan), motivasi serta hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan angket serta hasil belajar siswa pada ujian semester. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas One Sample Kolmogorov-Smirnov Test dengan nilai asymp. Sig. (2-tailed) adalah . Uji linieritas reinforcement (penguatan) dengan motivasi belajar adalah serta uji linieritas reinforcement (penguatan) dengan hasil belajar adalah . Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian reinforcement(penguatan) oleh guru terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai sig. . Serta hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian reinforcement (penguatan) oleh guru terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig.. .
Copyrights © 2018