Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 5, No 1 (2018): LEMMA : Letters of Mathematics Education

PENGARUH PEMBERIAN REINFORCEMENT (PENGUATAN) OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR




Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh  yang signifikan antara pemberian reinforcement (penguatan) oleh guru terhadap motivasi belajar siswa serta ada atau tidaknya pengaruh  yang signifikan antara pemberian reinforcement (penguatan) oleh guru terhadap hasil belajar siswa . Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Desain pada penelitian ini adalah pre-experimental design (non design) bentuk one-shot case study.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar sebanyak 25 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel reinforcement (penguatan), motivasi serta hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan angket serta hasil belajar siswa pada ujian semester. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas One Sample Kolmogorov-Smirnov Test dengan nilai asymp. Sig. (2-tailed) adalah . Uji linieritas reinforcement (penguatan) dengan motivasi belajar adalah  serta uji linieritas reinforcement (penguatan) dengan hasil belajar adalah . Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian reinforcement(penguatan) oleh guru terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai sig. . Serta hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian reinforcement (penguatan) oleh guru terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig.. .

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...