Salah satu bahan ajar yang digunakan dalam perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1 adalah buku teks. Perkuliahan menggunakan buku teks tidak mampu melibatkan mahasiswa secara aktifdalam melakukan penemuan-penemuan guna membangun pemahaman konsep terhadap materi yang dipelajarinya. Akibatnya, mahasiswa mudah lupa terhadap materi tersebut. Hal ini berimplikasi pada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu bahan perkuliahan yang dapat membantu mahasiswa, yakni berupa modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul berbasis penemuan terbimbing yang validpada mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak 1 di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define) atau analisis kebutuhan, perancangan (design) dan pengembangan (develop). Validasi modul merupakan salah satu bagian dari tahap develop. Untuk menghasilkan modul yang valid, dilakukan kegiatan memvalidasi modul. Dalam kegiatan ini, validasi modul melibatkan 4 orang validator, yakni 3 orang sebagai ahli pada matakuliah Kalkulus Peubah Banyak 1 dan 1 orang ahli bahasa. Validitas modul mencakup 3 aspek yaitu materi, penyajian dan bahasa. Data diperoleh dari lembar validasi yang diisi oleh validator. Data tersebut diolah secara kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data adalah modul berbasis penemuan terbimbing pada perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1 yang dikembangkan telah valid digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat
Copyrights © 2015