Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 6, No 1 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education

PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XB2 SMK NEGERI 3 SUNGAI PENUH




Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Ditemui hampir 44 % siswa tidak berminat untuk belajar matematika yang dipengaruhi oleh pengelolaan kelas atau manajemen kelas yang kurang kondusif. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui seberapa besarĀ  pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar siswa kelas XB2 SMK Negeri 3 sungai penuh, 2) mengetahui manajemen kelas yang efektif dan dinamis. Metode dan Jenis penelitian ini adalah Ex-Post Facto atau pengukuran sesudah kejadian dan deskriptif korelasional. Setelah dilakukan analisis Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan:Terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar matematika siswa kelas XB2 SMK Negeri 3 Sungai Penuh. Hal ini dapat dilihat dari rhitung> rtabelĀ  yaitu 0,489 > 0,423. Dan harga r = 0,489 yang berharga positif maka terdapat pengaruh positif dari manajemen kelas terhadap minat belajar matematika siswa. Dan koofisien determinasi (r)2 = 0,28, jadi besarnya hubungan variabel X terhadap Y adalah 25%. Ini berarti pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 3 Sungai Penuh adalah sebesar 25%. Sebaiknya guru selalu memperhatikan segala macam-macam aspek yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Terutama betapa pentingnya penggunaan media dalam penbelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...