Matematika tidak hanya bisa dipelajari di lingkungan Pendidikan namun matematika dapat dipelajari juga dalam kehidupan sehari-hari. Nilai matematika yang terkandung dalam kehidupan sehari-hari dapat disebut sebagai etnomatematika. Etnomatematika merupakan pembelajaran matematika yang terdapat pada kultur budaya, etnomatematika juga dapat digunakan untuk menerapkan matematika dalam menghadapi lingkungan alam dan juga pada sistem budaya yang ada. Indonesia mempunyai beragam budaya salah satunya permainan tradisional. Permainan tradisional sangatlah disukai karena semua kalangan pasti menyukai permainan, namun seiring berjalannya waktu permainan tradisional sudah mulai dilupakan karena sudah ada permainan online yang lebih mudah diakses dalam situasi dan kondisi apapun. Berdasarkan hal ini penulis merasa tertarik untuk mengungkap nilai matematika pada permainan tradisional terutama permainan tradisional engklek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi karena penelitian ini didasari oleh fenomena kebudayaan Indonesia yaitu permainan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai matematika yang terdapat didalam permainan tradisional, diharapkan kelak permainan tradisional tetap dilestarikan. Hasil penelitian ini diperoleh deskripsi permainan engklek yang mengndung unsur matematik yaitu geometri, perbandingan, dan peluang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020