Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 1, No 2 (2015): LEMMA : Letters of Mathematics Education

ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN SKRIPSI DI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI




Article Info

Publish Date
09 Mar 2016

Abstract

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan mahasiswa pada program sarjana di STKIP PGRI Sumbar. Namun banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam penyelesaian skirpsi, ini ditandai dengan lamanya masa bimbingan yang mereka tempuh. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan/ bentuk kesulitan yang dialami mahasiswa dalam penyelesaian skripsi dan melihat efektivitas bimbingan oleh dosen pembimbing.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dosen pembimbing dan mahasiswa S1 Program studi pendidikan matematika yang sedang bimbingan skripsi tahun 2014.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Angket kesulitan diberikan kepada mahasiswa yang sedang menulis skripsi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase danselanjutnya di deskripsikan.Hasil penelitian secara umum diperoleh informasi mahasiswa mengalami kesulitan dalam penuangan ide ke dalam tulisan ilmiah yakni sekitar 66,67 %., penggunaan ilmu statistik dalam pengolahan data yakni dengan persentase 61,54%,serta menarasikan hasil penelitian yani dengan persentase 64,10 %. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan, informasi dan referensi kepada Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar sehingga faktor-faktor kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian skripsi akan bisa diatasi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...