Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 8, No 2 (2022): Lemma: Letters Of Mathematics Education

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT UNTUK SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL




Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Siswa kesulitan dalam memahami materi sistem persamaan linear tiga variabel pada masa pandemic covid-19, siswa tidak mau mencari sumber belajar lain untuk belajar mandiri, dan siswa kurang tertarik dengan pembelajaran sehingga terkesan membosankan, merupakan latar belakang dari penelitian ini. Selain itu, penggunaan buku teks menurut siswa kurang menarik. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi PowToon dalam bentuk video pembelajaran di kelas X MIPA SMAN 1 Lembah Gumanti. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menambah referensi dan menfasilitasi siswa dalam penggunaan media pembelajaran berbentuk video pembelajaran yang menarik dan dapat diakses dengan mudah. Penelitian ini menggunakan model Plompyang meliputi tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping phase, assessment phase namun dalam penelitian ini hanya mencapai prototyping phase.Penelitian ini menggunakan instrument angket validitas dan angket praktikalitas. Persentase validasi dari ahli materi yaitu 80% kategori valid dan dari ahli media diperoleh persentase 90% kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru matematika diperoleh pesentase 99% kategori sangat praktis dan oleh siswa diperoleh persentase 79,67% dengan kategori praktis. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran dengan aplikasi PowToon untuk materi sistem persamaan linear tiga variabel telah dapat digunakan dalam proses pembelajaran dengan kategori valid dan praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...