Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 7, No 2 (2021): Lemma: Letters Of Mathematics Education

PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS DOMAIN KOGNITIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR




Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Mata pelajaran matematika sampai sekarang ini masih menjadi momok bagi banyak siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di sekolah dasar, ternyata masih saja hasil belajar matematika rendah hal ini kemungkinan terjadi dikarenakan banyak faktor salah satunya materi yang sulit ataupun dalam proses pembelajaran matematika karena konsep matematika adalah konsep yang mempunyai tingkat abstraksi yang cukup tinggi. Konsep matematika adalah konsep dari dinamika kehidupan yang disimbolkan dengan bahasa matematis dan diselesaikan menggunakan logika matematika yang terkadang begitu abstrak, dengan demikian peneliti tertarik untuk mengembangkan desain pembelajaran pembelajaran berbasis domain kognitif dengan pendekatan kontekstual agar konsep matematika dapat disampaikan lebih real. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan para pendidik di SD Negeri 7 Kelapa banyak pendidik yang kesulitan dalam menyampaikan konsep matematika. Untuk itu peneliti menawarkan solusi untuk merancang desain pembelajaran berbasis domain kognitif dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan ADDIE yaitu Analisys, Design, Depelopment, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian yaitu Guru dan siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan Angket. Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran berbasis domain kognitif yang sangat layak dengan persentase dari persentase respon guru sebesar 80,41% dan respon siswa sebesar 80, 59%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...