Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 3, No 1 (2016): LEMMA : Letters of Mathematics Education

DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI NILAI TEMPAT KELAS 2 SEKOLAH DASAR




Article Info

Publish Date
03 Feb 2017

Abstract

Kehidupan masyarakat di pesisir pantai sangat kaya dengan konsep-konsep matematika. Sebagai budaya, aktivitas bertukar barang berisi ide matematika karena matematika pada dasarnya merupakan fenomena budaya dan sebagai aktivitas manusia serta setiap budaya mengembangkan bentuk matematika mereka sendiri sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan lingkungan dan tujuan masyarakat. Pendekatan etnomatematika merupakan suatu proses pembelajaran yang mengintegrasikan budaya dan aktifitas masyarakat atau interaksi sosial dalam membangun konsep matematika. Pemahaman konsep nilai tempat bilangan tiga angka berawal dari ide bertukar sepuluh satuan menjadi satu puluhan dan sepuluh puluhan menjadi satu ratusan. Penelitian ini bertujuan untuk mensuport pemahaman siswa dalam memahami konsep nilai tempat lewat salah satu konteks tradisi/interaksi social yang berlangsung dalam masyarakat yaitu aktifitas bertukar kulibia. Penelitian ini difokuskan pada desain lintasan belajar (Hypothetical Learning Trajectory) siswa yang berkembang dari level informal menuju ke level formal.  Metode penelitian desain (design research) digunakan untuk menjawab tujuan penelitian. Penelitian ini menggambarkan bagaimana aktifitas bertukar kulibia dapat membantu siswa kelas 2B SD Negeri 2 Desa Latuhalat mamahami nilai tempat tiga angka. Penggunaan aktifitas bertukar kulibia dan diskusi siswa menunjukan pemahaman siswa terhadap konsep nilai tempat berkembang dari level informal ke level formal

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...