Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 6, No 2 (2020): LEMMA : Letters of Mathematics Education

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI




Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Motivasi atau dorongan untuk mencapai suatu keinginan yang sangat berpengaruh dalam membantu mecapai tujuan yang ingin dituju seseorang.tujuan dari penelitian ini seberapa besar motivasi belajarmatematika siswa terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi peneliatian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif Subjek yang diambil peneliti adalah siswa kelas XI MIA 1 MAN 3 CIREBON sebanyak 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket untuk mengambilan datanya peneliti menggunakan skala Guttman.. Pada penelitian ini proses pengumpulan data menggunakan metode survei dalam bentuk kuesioner. Teknik analisis data teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif persentase dari hasl pembahasan diperoleh 2 siswa (6.67%) dalam kategori sangat tinggi, 7 siswa (23,33%) dalam kategori tinggi, 14 siswa (46.66%) dalam kategori sedang, 5 siswa (16.67%) dalam kategori rendah, dan 2 siswa (6.67%) dalam kategori sangat rendah. Frekuensi terbanyak tingkat Motivasi Belajar Matematika siswa kelas XI MIA 1 dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terdapat pada kategori sedang yaitu 14 anak dengan presentase 46,67%, dsebabkan adanya faktor eksternal siswa pernyataan tersebut didapat dari hasil wawancara siswa.Kata kunci: Motivasi belajar, Minat, Perguruan tinggi  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...