Motivasi atau dorongan untuk mencapai suatu keinginan yang sangat berpengaruh dalam membantu mecapai tujuan yang ingin dituju seseorang.tujuan dari penelitian ini seberapa besar motivasi belajarmatematika siswa terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi peneliatian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif Subjek yang diambil peneliti adalah siswa kelas XI MIA 1 MAN 3 CIREBON sebanyak 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket untuk mengambilan datanya peneliti menggunakan skala Guttman.. Pada penelitian ini proses pengumpulan data menggunakan metode survei dalam bentuk kuesioner. Teknik analisis data teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif persentase dari hasl pembahasan diperoleh 2 siswa (6.67%) dalam kategori sangat tinggi, 7 siswa (23,33%) dalam kategori tinggi, 14 siswa (46.66%) dalam kategori sedang, 5 siswa (16.67%) dalam kategori rendah, dan 2 siswa (6.67%) dalam kategori sangat rendah. Frekuensi terbanyak tingkat Motivasi Belajar Matematika siswa kelas XI MIA 1 dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terdapat pada kategori sedang yaitu 14 anak dengan presentase 46,67%, dsebabkan adanya faktor eksternal siswa pernyataan tersebut didapat dari hasil wawancara siswa.Kata kunci: Motivasi belajar, Minat, Perguruan tinggi
Copyrights © 2020