Kemampuan pemecahan masalah khususnya dalam pelajaran matematika sangat diperlukan oleh siswa untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tingginya hasil belajar matematika siswa tidak diikuti dengan tingginya kemampuan pemecahan masalah sehingga mereka mengalami kesulitan ketika menghadapi permasalahan matematis. Guna mengatasi masalah tersebut diperlukan upaya dengan menerapkan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menjadi lebih baik dengan pendekatan open ended. Data penelitian meliputi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan setelah menerapkan pendekatan open ended. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Hasil tes dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik setelah menerapkan pendekatan open ended. Hal ini terlihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam memahami masalah dan melaksanakan penyelesaian soal
Copyrights © 2015