Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 5, No 2 (2019): LEMMA : Letters of Mathematics Education

ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI FUNGSI TRIGONOMETRI




Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Representasi matematis adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh siswa khususnya pada pembelajaran matematika. Hal tersebut dikarenakan dengan representasi matematis siswa dapat memahami dengan mudah materi yang diberikan, sehingga jika dihadapkan pada permasalahan siswa dapat menyelesaikannya dengan mudah. Namun dalam kenyataannya yang terjadi dilapang siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan. Hal itu dikarenakan kurang beragamnya representasi matematis yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa SMA pada materi fungsi trigonometri. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa SMA yang telah dipilih secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes tulis berupa soal essay dan dilanjutkan dengan wawancara secara individu untuk memperoleh data yang valid. Hasil yang diperoleh dari tes tulis tersebut adalah satu siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar dan dapat digolongkan pada representasi matematis visual, sedangkan siswa yang lain tidak mengerjakan tes karena melupakan cara menyelesaikannya. Adapun kriteria represenrasi matematis dalam penelitian ini meliputi representasi matematis visual, representasi matematis berupa persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi matematis berupa kata-kata atau teks tertulis. Dari hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa representasi matematis setiap siswa berbeda.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...