Pada perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1, mahasiswa hanya mengandalkan satu buku teks sebagai buku pegangan pada proses perkuliahan. Namun, buku teks tersebut tidak mampu melibatkan mahasiswa secara aktif dalam melakukan penemuan-penemuan guna membangun pemahaman konsep terhadap materi yang dipelajarinya. Akibatnya, mahasiswa mudah lupa terhadap materi tersebut. Hal ini berimplikasi pada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu bahan perkuliahan yang dapat membantu mahasiswa, yakni berupa modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak 1 di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define) atau analisis kebutuhan, perancangan (design) dan pengembangan (develop). Modul yang telah dirancang dapat dikategorikan valid dan praktis. Selanjutnya, efektivitas modul diselidiki melalui observasi aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Penggunaan modul pada perkuliahan dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa. Tingkat ketuntasan hasil belajar mahasiswa mencapai 71%. Ini berarti modul efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa modul berbasis penemuan terbimbing pada perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1 yang dikembangkan telah efektif digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat
Copyrights © 2014