Discovery learning merupakan model pembelajaran yang sesuai untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 karena dapat memperkuat pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam 3 ranah belajar (pengetahuan, sikap, dan keterampilan). Salah satu materi matematika di kelas VIII adalah materi bangun ruang sisi datar. Materi bangun ruang sisi datar merupakan materi yang cukup sulit dan perlu menemukan konsepnya secara mandiri. Saat ini MTs Muhammadiyah belum mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKS yang berdasarkan prinsip dan karakteristik discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar yang valid berdasarkan validasi dari 2 dosen matematika, 1 dosen bahasa dan 1 guru matematika. Validitas LKS menggunakan lembar validasi dengan perhitungan skala Likert (0-4). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model McKenny yang terdiri dari tiga tahap yaitu Preliminary, Prototyping dan Assesment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 3,47. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak ditinjau dari aspek validitas.
Copyrights © 2018