Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 5, No 1 (2018): LEMMA : Letters of Mathematics Education

VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR




Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Discovery learning merupakan model pembelajaran yang sesuai untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 karena dapat memperkuat pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam 3 ranah belajar (pengetahuan, sikap, dan keterampilan). Salah satu materi matematika di kelas VIII adalah materi bangun ruang sisi datar. Materi bangun ruang sisi datar merupakan materi yang cukup sulit dan perlu menemukan konsepnya secara mandiri. Saat ini MTs Muhammadiyah  belum  mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKS yang berdasarkan prinsip dan karakteristik discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa  berbasis  discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar yang valid berdasarkan validasi dari 2 dosen matematika, 1 dosen bahasa dan 1 guru matematika. Validitas LKS menggunakan lembar validasi dengan perhitungan skala Likert (0-4). Penelitian ini merupakan  jenis  penelitian pengembangan  dengan  menggunakan model McKenny yang terdiri dari tiga tahap yaitu Preliminary, Prototyping dan Assesment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS  yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 3,47. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak ditinjau dari aspek validitas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...