Naskah ini bertujuan untuk memaparkan hasil pengembangan model pembelajaran matematika berbasis behaviourisme-karakter berbantuan alat peraga untuk siswa MTs/SMP di wilayah Riau, dengan desain penelitian pengembangan dengan model Plomp yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika Berbasis Behaviourisme-Karakter dengan bantuan alat peraga yang valid, praktis dan efektif. Penelitian dilakukan di SMP dan MTs di Pekanbaru Riau, dengan Subjek penelitian adalah ahli materi dan ahli Perangkat pembelajaran (dosen dan guru) dan siswa kelas VIII. Objek penelitian adalah Perangkat pembelajaran matematika Berbasis Behaviourisme-Karakter berbantuan alat peraga materi Persamaan Garis Lurus. Instrumen pengumpulan data berupa angket, catatan lapangan aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Perangkat pembelajaran matematika Berbasis Behaviourisme-Karakter berbantuan alat peraga masuk kategori valid, praktis dan efektif.
Copyrights © 2020