Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 7, No 2 (2021): Lemma: Letters Of Mathematics Education

Strategi Group Investigation Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa SMA




Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelankangi oleh rendahnya disposisi matematis siswa. Disposisi matematis sangat perlu dikembangkan dalam mempelajari matematika. Sehingga diperlukan suatu strategi untuk mendorong siswa dalam mengembangkan disposisi matematis. Strategi pembelajaran group investigation memungkinkan siswa untuk mengembangkan disposisi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perbedaan pencapaian disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran group investigation dan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Desain penelitian ini adalah desain kelompok kontrol non-ekivalen sehingga diperoleh sampel siswa kelas X di salah satu SMAN di Kota Solok sebanyak dua kelas yang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket skala disposisi matematis. Berdasarkan hasil analisis didapat informasi bahwa Disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran group investigation tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...