Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 2 No. 3 (2023): Agustus

Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang)

Nadeak, Ebtaria (Unknown)
Elfaladonna, Febie (Unknown)
Malahayati, Malahayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

Sebagai seorang pendidik dituntut untuk dapat secara kreatif mendesain suatu bahan ajar yang  memungkinkan dapat secara langsung  memanfaatkan sumber belajar yang tersedia.Pembelajran yang masih berpusat pada guru, menjadikan siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran. materi ajar yang disajikan juga kurang variatif dan menarik karena hanya berupa uraian kalimat dengan sedikit gambar. Banyak teknologi yang menghadirkan aplikasi yang mendukung dalam pembuatan media pembelajaran secara digital, salah satunya canva.Masih minimnya kompetensi guru di sekolah SDN 204 Palembang dalam memanfaatkan teknologi termasuk dalam penggunaan aplikasi canva, menjadikan canva belum termanfaatkan dengan baik. Untuk membantu guru tersebut dalam memanfaatkan canva, dilakukanlah kegiatan pengabdian. Kegiatan dilakukan dengan metode deskriptif, dengan peserta guru di SDN 204. Materi yang diberikan berupa fitur di canva dan penyusunan modul dengan canva. Hasil kegiatan menujukkan bahwa peserta menjadi lebih paham tentang aplikasi canva yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran, serta perserta mampu membuat modul ajar dengan memanfaatkan aplikasi canva

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...