Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh buku KOMA (Komik Matematika) hasil pengembangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre experimental design dengan jenis one group pre-test-post-test design. Yaitu dengan memberikan pre-test kepada sampel, yang dilanjutkan dengan melakukan perlakuan berupa pembelajaran dengan bantuan media pembelajaran menggunakan buku KOMA(Komik Matematika). Setelah selesai perlakuan, peneliti memberikan post-test. Peran buku KOMA dapat dilihat dengan membandingkan rata – rata nilai kedua tes. Dari hasil penghitungan, diperoleh Fhitung = 30,24 dan thitung = 10,123. Kemudian hasilnya dibandingkan dengan Ftabel = 4,0427 dan ttabel = 2,064. Dari hasil pembandingan, diperoleh Fhitung > Ftabel yang berarti ada perbedaan kemampuan hasil belajar peserta didik antara pre-test dan post-test. Dan thitung > ttabel yang berarti bahwa media komik matematika berperan dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.
Copyrights © 2023