Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 3 No. 2: Oktober 2023

Analisis Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Berdasarkan Kecerdasan Matematis-Logis dan Linguistik

Rosy, Nisak Nirmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Munculnya inovasi-inovasi dalam pembelajaran menuntut peserta didik untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah. Untuk melatih kreativitas peserta didik digunakan berbagai cara salah satunya dengan melatih menyelesaikan soal open-ended. Dengan soal open-ended proses berpikir peserta didik lebih kreatif. Selain itu, untuk meningkatkan proses berpikir kreatif peserta didik lebih maksimal dipehatiakn bakat dengan tipe kecerdasan yang dominan. Kecerdasan dengan tipe matematis-logis melatih peserta didik untuk berpikir lebih kreatif mencari alternatif jawaban dan cara dalam menyelesaikan soal. Sedangkan peserta didik dengan kecerdasan linguistik melatih peserta didik untuk berpikir lebih peka terhadap informasi yang terdapat dalam soal dan mengkomunikasikannya kembali. Proses berpikir kreatif pada peserta didik bertujuan agar peserta didik dapat mencari solusi atau masalah dengan berbagai cara penyeesaian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Description

Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 ...