Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 2 (2022): Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin (Agustus 2022 - Januari 2023)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di Kelas VIII

Tanib, Rian Abdul (Unknown)
Ardiansyah (Unknown)
Popoi, Irina (Unknown)
Panigoro, Meyko (Unknown)
Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learing Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Surve. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 Siswa dan sampel yang di gunakan dalam penelitian sebanyak 60 Siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Besaran pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Laearning Terhadap Motivasi Belajar Siswa 63,2% sedangkan sisanya sebesar 36,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

er

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin (e-ISSN: 2962-2743) merupakan jurnal nasional multidisiplin open access dan peer-reviewed yang diterbitkan oleh Transbahasa. Publikasi dalam jurnal ini mencakup artikel orisinal, review, maupun studi kasus yang memenuhi standar etika ilmiah. Fokus jurnal ...