JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2023): JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia

Optimasi Sistem Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Metode Taguchi

Ilham Putra Chaniago (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Wawan Purwanto (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Rifdarmon (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Ahmad Arif (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Pengguanaan bahan bakar minyak yang tinggi dari tahun ke tahun dapat menyebabkan krisis bahan bakar minyak dikemudian hari. Sehingga banyak orang mencoba untuk membuat bahan bakar alternatif agar dapat mengurangi penggunaan bensin sebagai bahan bakan utama. Biogasoline merupakan salah satu solusi untuk mengatasi krisis bahan bakar minyak di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan mencari hasil optimal dari sistem pengapian (jenis busi, jenis koil, waktu pengapian) dan campuran bensin dan ethanol (biogasoline) terhadap emisi gas buang sepeda motor 4 langkah dengan menggunakan metode taguchi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hidrokarbon (HC) mendapat respon rata-rata optimal yaitu faktor A2 (317,78), B2 (325,89), C1 (299,22) dan D2 (316,33). Sedangkan untuk respon rata-rata optimal karbon monoksida (CO) yaitu faktor A3 (1,28), B1 (1,26), C3 (1,19) dan D2 (1,26). The use of high fuel oil from year to year can cause a fuel oil crisis in the future. So many people try to make alternative fuels in order to reduce the use of gasoline as the main fuel. Biogasoline is one of the solutions to overcome the fuel oil crisis in the future. This study aims to find the optimal results of the ignition system (type of spark plug, type of coil, ignition timing) and a mixture of gasoline and ethanol (biogasoline) on exhaust emissions of 4 stroke motorcycles using the taguchi method. Based on the results of research that has been done, hydrocarbons (HC) get an optimal average response, namely factors A2 (317.78), B2 (325.89), C1 (299.22) and D2 (316.33). As for the optimal average response to carbon monoxide (CO), namely factors A3 (1.28), B1 (1.26), C3 (1.19) and D2 (1.26).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtpvi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

AIM JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi tempat berbagi ilmu pengetahuan hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek teknologi dan pendidikan kejuruan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip yang berisi karya mutakhir dalam teori ...