Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Vol 1 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2022

PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PADA MATERI ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN SOLAR CELL, SENSOR ULTRASONIK DAN LIGHT DEPENDENT RESISTOR BERBASIS ARDUINO UNO

Yuni Verawati (Program Studi S1 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu)
Dedy Hamdani (Program Studi S1 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu)
Iwan Setiawan (Program Studi S1 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa alat peraga berbasis Arduino Uno pada materi sumber-sumber energi kelas XII yang valid, serta untuk mengetahui tanggapan guru mengenai alat peraga berbasis Arduino Uno. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu Pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Develop dan Dissemination yang disesuaikan. Validasi desain dilakukan oleh 3 judgement ahli untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek kesesuaian, kemenarikan, ketahanan, keakuratan, efektif alat, komponen kelayakan isi dan komponen teknis. Hasil uji validitas mendapatkan hasil rata-rata sebesar 92,7% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa alat peraga berbasis Arduino Uno pada materi sumber-sumber energi yang dikembangkan sudah valid dan teruji. Respons tanggapan yang diberikan guru mendapatkan hasil rata-rata 87,89% dengan kategori sangat baik. Sehingga alat peraga berbasis Arduino Uno dapat dijadikan alat peraga tambahan dalam membantu guru memberikan pemahaman materi kepada siswa pada saat proses pembelajaran. Kata  kunci:  Penelitian Pengembangan, Alat Peraga, Arduino Uno ABSTRACT This study aims to produce a product in the form of teaching aids based on Arduino Uno on valid class XII energy sources, as well as to find out the teacher's response to teaching aids based on Arduino Uno. This research is a type of research and development with the development model used, namely 4D Development, namely Define, Design, Develop and Dissemination which is adjusted. Design validation is carried out by 3 expert judgments to assess the developed product from the aspects of suitability, attractiveness, durability, accuracy, tool effectiveness, content feasibility components and technical components. The results of the validity test get an average result of 92.7% with the very feasible category. Based on these results, it can be concluded that the Arduino Uno-based teaching aids on the energy sources developed are valid and tested. The responses given by the teacher got an average result of 87.89% with a very good category. So that Arduino Uno-based teaching aids can be used as additional teaching aids in helping teachers provide understanding of the material to students during the learning process. Keywords: Research Development, Teaching Aid, Arduino Uno

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied ...