Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Vol 1 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2022

IDENTIFIKASI PENGETAHUAN SISWA KELAS XI MELALUI TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER TENTANG FLUIDA DINAMIS SETELAH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN

Derma Ilhami (Universitas Bengkulu)
Irwan Koto (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu)
Rosane Medriati (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan siswa kelas XI tentang fluida dinamis melalui tes diagnostik four-tier setelah mengikuti pembelajaran daring. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada 142 siswa kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Bengkulu. Pengumpulan data melalui tes diagnostik four-tier yang terdiri dari tingkat pertama berisi pertanyaan dengan lima pilihan jawaban, tingkat kedua adalah keyakinan siswa menjawab soal tersebut, tingkat ketiga adalah alasan dari jawaban tingkat pertama dengan lima pilihan jawaban dan tingkat keempat adalah keyakinan akan jawaban alasan tesebut. Instrumen penelitian yang digunakan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 106 siswa dari 142 siswa mengalami miskonsepsi; 30 siswa tidak paham konsep; dan 6 siswa termasuk tidak paham konsep dan miskonsepsi. Butir soal yang mengalami miskonsepsi tertinggi (78,9%) terdapat pada soal tentang persamaan hukum Bernoulli. Kata  kunci— Pengetahuan Siswa, Miskonsepsi, Tes Diagnostik Four-Tier, Fluida Dinamis ABSTRACT The research focuses on identifying the knowledge of dynamic fluids of student of class XI MIPA SMAN 6 Bengkulu City after online learning through a four-tier diagnostic test. The method of research was descriptive quantitative research and research subject were 142 students of class XI MIPA SMAN 6 Bengkulu City. Data collection was carried out by administering four-tier diagnostic tests to students with the first tier containing questions with five answer choices, the second tier is the students’ confidence in answering the questions, the third tier is the reason for the answer to the first tier with five answer choices and the fourth tier is the students’ confidence in answering the reason. The research instrument used a diagnostics test. The data analysis technique was done by 3 stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research showed that 106 students out of 142 students had misconceptions; 30 students did not understand the concepts; and 6 students were categorized as misconceptions. The item with the highest misconception (78.9%) related to Bernoulli's law equations. Keywords—Students Knowledge, Misconceptions, Four-Tier Diagnostic Test, Dynamic Fluids

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied ...