Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS

Alia Latifah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Farhil Husaini (Unknown)
Ani Khoirotun Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Instrumen penilaian HOTS sangat penting mengingat standar yang dicapai dalam kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana cara mengembangkan instrumen berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang terdiri dari menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu upaya memberikan gambaran suatu masalah guna memperoleh jawaban dengan berbagai kajian pustaka. Metode deskriptif berusaha mendeskripsikan suatu peristiwa, gejala, atau kejadian yang terjadi. Teknik pengumpulan data berupa data-data kepustakaan yang telah dicari, dipilih, disajikan, serta dianalisis. Penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill adalah cara berpikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada menghafal atau menceritakan kembali sesuatu yang disampaikan orang lain. Dalam penetapannya dibutuhkan kemampuan guru. masing-masing guru hendaknya kreatif dalam mengembangkan soal-soal HOTS sesuai dengan KI-KD yang memungkinkan dalam mata pelajaran yang diampunya. Keterampilan memilih stimulus soal, serta kemampuan memilih kompetensi yang diuji, merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan oleh guru, supaya dapat menghasilkan butir soal yang berkualitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...