Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TRI HITA KARANA BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN MENDOYO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Gusti Ayu Putu Elrian Pradnyanata (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gede Astawan (Unknown)
Dewa Ayu Puteri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Tri Hita Karana Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Mendoyo yang terdiri dari 223 siswa. Metode pengambilan sampelnya adalah Cluster Random Sampling dengan metode undian. Berdasarkan hasil pengundian, didapatkan hasil bahwa siswa kelas Va SDN 1 Pohsanten yang berjumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen. Sementara itu siswa kelas V SDN 3 Mendoyo Dauh Tukad yang berjumlah 16 siswa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 25 soal, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan Uji-t. Berdasarkan analisis menggunakan uji-t dengan dk = 35 dan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yaitu thitung > ttabel (4,005 > 2,042) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tri Hita Karana berbantuan media video dan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tri Hita Karana berbantuan media video pada siswa SD kelas V di Gugus I Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...