Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 KEPEMIMPINAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA PETA PINTAR PADA SISWA KELAS VI SDN SARIREJO SEMARANG

Raka Bagas Kara (Universitas PGRI Semarang)
Noor Miyono (Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang)
Harto Nuroso (Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang,)
Suwarni (SDN Sarirejo, Semarang)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tema 7 kepemimpinan melalui model pembelajaran course review horay berbantuan media peta pintar pada siswa kelas VI SDN Sarirejo Semarang. Subjek penelitian ini adalah kelas VI Sekolah Dasar yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes setiap siklus. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar kognitif mengalami peningkatan dimana pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan sebesar 74,4 % dengan kriteria cukup baik. Sedangkan, pada siklus II dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan capaian persentase ketuntasan sebesar 87,2% siswa dengan kriteria baik. Dengan itu dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran course review horay berbantuan media peta pintar dapat meningkatkan hasil belajar Tema 7 Kepemimpinan siswa kelas VI SDN Sarirejo Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...