Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan tangram sebagai media pembelajaran guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-post test design. Teknik sampling penelitian menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes evaluasi pembelajaran. Analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data uji t test diperoleh nilai t hitung sebesar 5.710 > 2.063 dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, artinya penggunaan media papan tangram sebagai media pembelajaran dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Simpulan penelitian ini kemampuan pemecahan masalah materi bangun datar segi banyak beraturan dan tidak beraturan dalam pembelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui penggunaan media papan tangram. Bagi guru diharapkan menggunakan variasi pembelajaran guna meningkatkan antusias belajar siswa.
Copyrights © 2023