Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN PANDEANLAMPER 04 MATERI BANGUN DATAR SEGI BANYAK BERATURAN DAN TIDAK BERATURAN

Wahyu Jati Warayang (Universitas PGRI Semarang)
Bagus Ardi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang)
Choirul Huda (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan tangram sebagai media pembelajaran guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-post test design. Teknik sampling penelitian menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes evaluasi pembelajaran. Analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data uji t test diperoleh nilai t hitung sebesar 5.710 > 2.063 dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05, artinya penggunaan media papan tangram sebagai media pembelajaran dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Simpulan penelitian ini kemampuan pemecahan masalah materi bangun datar segi banyak beraturan dan tidak beraturan dalam pembelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui penggunaan media papan tangram. Bagi guru diharapkan menggunakan variasi pembelajaran guna meningkatkan antusias belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...