Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan sikap kesetiakawanan sosial peserta didik oleh guru PPKn di SMA Negeri 22 Surabaya melalui kegiatan berbagi dan makan bersama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori perkembangan moral oleh Thomas Lickona dalam menjawab rumusan masalah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sikap kesetiakawanan sosial peserta didik oleh guru PPKn dilakukan dengan melaksanakan kegiatan berbagi dan makan bersama yang didalamnya memuat proses moral knowing, moral feeling, dan moral action. Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut memiliki hambatan berupa berbagai kritikan dari guru-guru lain dan peserta didik, mereka mengasumsikan kegiatan berbagi dan makan bersama bertolak belakang dengan materi yang diajarkan dan peserta didik banyak yang merasa keberatan. Oleh karena itu kegiatan tersebut dihentikan sampai saat ini.
Copyrights © 2023