Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance
Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance

PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH

Putri Nuraini (Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau)
Mufti Hasan Alfani (Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau)
Nurul Muyasaroh (Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau)
Rabiatul Adawiyah (Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah dan persepsi terhadap minat remaja masjid di Kota Pekanbaru dalam menggunakan produk bank syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 92 orang responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan software SPSS Versi 25. Pengujian hipotesis menggunakan analisis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah terhadap minat menggunakan produk bank syariah diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,362 lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,661 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan syariah terhadap minat. Hasil pengujian persepsi terhadap minat menggunakan produk bank syariah diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,430 lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,661 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi terhadap minat. Uji F test menunjukkan literasi keuangan syariah dan persepsi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat. Berdasarkan uji koefisien adjusted R square (R2) diperoleh nilai sebesar 0,641. Hal ini berarti literasi keuangan syariah dan persepsi berpengaruh positif dan mempengaruhi sebesar 64,1% perubahan minat untuk menggunakan produk bank syariah pada remaja masjid di Kota Pekanbaru, sedangkan sisanya sebesar 35,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di ikutsertakan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tabarru

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Scope and Focus of this journal subjected to area of : Islamic Banking (BUS, BPRS & UUS), Islamic Financial Intitutions such as Islamic Insurance (Takaful), Islamic Leasing, Islamic Capital Market (Islamic Bond/SUKUK & Islamic Stock), Islamic Pawn Shop, Baitamall Wattamwil (BMT), Islamic ...