JME
Vol. 1 No. 2 (2019): Article Research, Agustus 2019

STRATEGI MENINGKATKAN PELAYANAN JASA KEAGENAN TERHADAP KAPAL PADA PT. KARANA LINE CABANG BELAWAN

Dra. Yusnidah, M.Pd (Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan)
Hidayat Muda (Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2020

Abstract

Kegiatan usaha keagenan sangat kompleks, karena perusahaan pelayaran yang melaksanakan kegiatan keagenan mempunyai tugas-tugas dan tanggung jawab yang besar dalam memberikan pelayanan terhadap kapalkapal yang di ageni oleh PT. Karana Line Cabang Belawan selaku agen yang memberikan pelayanan keagenan terhadap kapal-kapal yang singgah di Pelabuhan Belawan, dalam kegiatan ini harus menjalin hubungan dengan instansi-instansi terkait seperti: Bea Cukai (Custom), Imigrasi,Karantina, Perusahaan Pelayaran, Pelindo, Otoritas Pelabuhan. Dalam melaksanakan pelayanan keagenan kapal pada PT. Karana Line Cabang Belawan sedikit banyak mengalami masalah dan kendala, baik masalah intern maupun masalah ekstern yang berasal dari luar perusahaan. Salah satu masalah yang dihadapi adalah kurangnya fasilitas tempat sandar (Dermaga) yang tersedia di Pelabuhan Belawan yang menyebabkan kapalkapal yang akan merapat ke dermaga harus menunggu dilampu satu berjam-jam bahkan berhari untuk mendapatkan fasilitas tempat sandar kapal. Untuk melengkapi dalam penyelesaian dalam makalah ini, Penulis menggunakan metode Penelitian Perpustakaan, Wawancara dan Penelitian langsung di lapangan.

Copyrights © 2019






Journal Info
JME

Abbrev

jme

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Library & Information Science Mechanical Engineering Social Sciences

Description

Journal of Maritime and Education (JME) merupakan jurnal ilmiah diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Adiguna Maritim Indonesia Medan. JME menjadi sarana publikasi hasil riset , aplikasi riset dan pengembangannya di bidang sains dan teknologi. Jurnal ini ...