Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi)
Vol. 1 No. 1 (2017): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-I Tahun 2017

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN PRODUK PERLENGKAPAN BAYI

Jevri Mukardani Suharto (Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Rini Indriati (Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Teguh Andriyanto (Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

Pasar swalayan atau toko merupakan sarana atau tempat penyedia barang kebutuhan sehari-hari mulai dari sembilan bahan pokok sampai kebutuhan rumah tangga lainnya. Setiap harinya di pasar swalayan atau toko tersebut terjadi beberapa transaksi penjualan. Data transaksi penjualan akan terus bertambah setiap harinya. Semakin banyak data transaksi yang tersimpan menyebabkan penyimpanan data yang sangat besar. Biasanya data-data transaksi penjualan tersebut hanya digunakan sebagai arsip dan tidak diketahui apa manfaat dari data tersebut untuk selanjutnya. Di dalam kumpulan data yang sangat besar tersebut, memiliki informasi- informasi yang tersembunyi. Kumpulan data tersebut bisa diolah untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat yang bisa digunakan untuk pengambilan suatu keputusan dan untuk memperoleh pengetahuan. Algoritma apriori adalah algoritma market basket analysis yang digunakan untuk menghasilkan association rule, dengan pola “if then”. Market basket analysis merupakan salah satu teknik dari data mining yang mempelajari tentang perilaku kebiasaan konsumen dalam membeli barang secara bersamaan dalam satu waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi guna memudahkan pengguna memperoleh informasi sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan suatu keputusan. Hasil analisis dan perancangan dari Analisis Perilaku Konsumen Pada Pembelian Produk Perlengkapan Bayi dengan metode algoritma apriori adalah suatu swalayan atau toko dapat mengolah data transaksi penjualan dengan cepat dan akurat melalui sistem aplikasi yang telah dibuat, penerapan metode algoritma apriori sangat membantu dalam pengolahan data guna mengetahui tingkat pembelian konsumen dalam aturan asosiasi antar kombinasi barang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

inotek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mathematics Mechanical Engineering Transportation

Description

Teknologi saat berkembang sangat cepat selama beberapa tahun terakir ini. Perkembangan teknologi tersebut merupakan salah satu dampak dari peningkatan inovasi dalam bidang teknologi. Ide-ide dan produk baru selalu ada untuk membantu kemingkatkan kualitas kehidpan manusia. Dalam rangka mendukung ...