Media pemasaran merupakan suatu media yang digunakan oleh masyarakat dalam memasarkan produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk membantu menemukan jenis media pemasaran apa yang sering digunakan oleh konsumen dengan cara mengisi data yang sudah disiapkan yang nantinya akan diinput dalam sistem lalu setelahnya akan muncul hasil jenis media pemasaran apa yang sering digunakan oleh konsumen. Dalam penelitian ini terdapat 3 kategori yang mana akan menjadi acuan yaitu Media Cetak, Media Sosial, dan Marketplace dengan menggunakan metode Simple Additive Weigthing (SAW). Untuk mengeahui hasil perhitungan dengan bantuan Sublime text3 mengunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Prepocessor) hingga bisa didapatkan hasil dari penelitian ini. Pembobotan dihitung dengan mempertimbangkan sering tidaknya konsumen dalam menggunakan media pemasaran yang tersedia. Hasil akan diambil dari hasil pembobotan dengan nilai tertinggi (1,00) atau mendekati (1,00). Dari hasil tersebut diharapkan dapat membantu untuk mengetahui jenis media pemasaran apa yang sering digunakan oleh konsumen dalam mecari produk dan jasa.
Copyrights © 2022