Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi konsep pemahaman siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Proses belajar mengajar pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran cerpen sangatlah penting agar tercapainya pemahaman peserta didik dalam materi yang telah diberikan oleh guru, merupakan fungsi dari adanya seorang pendidik. Sumber data diperoleh dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh seorang pendidik dan siswa pada SMAN 4 Kediri. Metode klasifikasi yang digunakan adalah Algoritma C4.5, adapun kategori penilaian yang digunakan dibagi menjadi 4 yaitu gagasan, kesesuaian dengan tema, gaya bahasa/penulisan, struktur teks memenuhi syarat. Jumlah data yang digunakan dalam sebuah penelitian sebanyak 100 data dengan hasil perhitungan nilai entropi dan gain untuk menentukan paham tidaknya siswa. Diperoleh hasil jumlah perhitungan dengan ketentuan siswa paham sebanyak 83 dan siswa yang tidak paham sebanyak 17 siswa dengan hasil entropi sebesar 0,6577 dan memperoleh nilai gain tertinggi sebesar 0,2334 pada struktur teks memenuhi syarat, dimana siswa dapat dikategorikan faham jika memiliki nilai kategori baik atau sangat baik lebih dari 2 kategori agar disimpulkan menjadisiswa yang faham dan siswa dapat dikategorikan tidak faham maksimal mendapatkan nilai kurang sebanyak 2 kategori atau lebih agar dapat disimpulkan menjadi siswa yang kurang faham.
Copyrights © 2022