Prestasi belajar mahasiswa dapat dipengaruhi oleh gaya belajar. Setiap mahasiswa memiliki satu gaya belajar yang dominan apakah visual, auditori atau kinestetik. Mata kuliah Biomedik adalah mata kuliah dasar dalam ilmu keperawatan yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa keperawatan untuk menjadi perawat profesional. Penguasaan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Biomedik ditunjukkan melalui prestasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes Hang Tuah Tanjungpinang pada mata kuliah Biomedik Tahun Akademik 2013-2014. Peneltian ini merupakan studi korelasi dengan populasi semua mahasiswa Stikes hang Tuah Tanjungpinang yang mengambil mata kuliah Biomedik TA 2013-2014. Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling berjumlah 83 mahasiswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sebagian besar responden memiliki gaya belajar visual (68,67%) dan memiliki indeks prestasi rendah (74,69%). Analisis uji statistik menggunakan uji Chi-Square menunjukkan bahwa ρ value < α (0,001 < 0,05) yang menyimpulkan bahwa ada pengaruh antara gaya belajar ternadap indeks prestasi mahasiswa pada mata kuliah Biomedik Stikes Hang Tuah Tanjungpinang TA. 2013-2014. Penelitian ini merekomendasikan hendaknya mahasiswa bisa mengenali gaya belajar yang sesuai dengan dirinya, sehingga jika metode/strategi pada saat proses belajar mengajar di kelas tidak sesuai dengan gaya belajarnya, mahasiswa mampu menentukan sendiri cara yang paling mudah baginya untuk menyerap pelajaran yang diberikan baik itu pada saat belajar di kelas maupun di Laboratorium. Institusi dapat memrogamkan dosen mengikuti pelatihan pengembangan metode dan strategi pembelajaran.
Copyrights © 2014