Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan
Vol. 7 No. 2 (2020): November: Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan

Strategi Komunikasi Balai Taman Nasional Tambora dalam Pengembangan Kawasan Oi Marai Sebagai Kawasan Wisata

Arief Hidayatullah (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima)
Wardiman (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima)
Sita Komariah (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Salah satu tempat wisata yang terdapat di kabupaten Bima adalah Wisata Oi Marai di kecamatan Tambora tepatnya di desa Kawinda To’i. Wisata Oi Marai merupakan salah satu objek wisata yang sangat digemari oleh wisatawan Bima. Oi Marai ini dikenal sebagai tempat wisata yang sangat indah dengan keunikan alam nya di sertai dengan air terjun yang ada di dalam nya. Oleh karena itu, peranan Balai Taman Nasional Tambora (BTNT) dalam usaha untuk pengembangan suatu daerah tujuan wisata menjadi penting seiring dengan meningkatnya kebutuhan informasi bagi calon wisatawan mengenai daya tarik daerah tujuan wisata yang akan di kunjungi. Promosi dilakukan sebagai usaha untuk memperbesar daya tarik objek wisata yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Balai Taman Nasional Tambora dalam pengembangan kawasan Oi Marai Sebagai Kawasan Wisata. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Teknis pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi dokumen dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Startegi Komunikasi Balai Taman Nasional Tambora dalam Pengembangan Kawasan Oi Marai Sebagai Kawasan Wisata berjalan efektif. Elemen bauran promosi yang di terapkan oleh Humas Taman Nasional Tambora yaitu, periklanan, pemasaran langsung, penjualan personal, pemasaran interaktif, publikasi, promosi mulut ke mulut, dan public relation, penelitian ini menentukan bahwa penerapan komunikasi bauran pemasaran dan bauran promosi yang diterapkan oleh Humas Taman Nasional Tambora sudah cukup baik jika dilihat dari meningkatnya jumlah pengunjung Wisata Oi Marai yang ada di desa Kawinda To’i Kecamatan Tambora Kabupaten Bima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkk

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikasi Organisasi Komunikasi Massa Komunikasi Pembangunan Jurnalistik Hubungan Masyarakat Periklanan Manajemen Komunikasi dan Media Kajian Budaya Komunikasi Pariwisata Psikologi Komunikasi dan Komunikasi ...